Tentang Kami

Ashabul Kafi

Panti Asuhan dan Pesantren Muhammadiyah (PAPM) Ashabul Kahfi adalah AUM Pimpinan Cabang Muhammadiyah Moyudan Sleman Yogyakarta. Sejak diresmikan pada 22 April 2017, PAPM Ashabul Kahfi telah mengasuh santri dengan jumlah total sekitar 35 anak usia SMP dan SMA yang sebagian besar berasal keluarga mustadz’afin dari daerah pegunungan di Yogyakarta maupun Magelang.

Visi utama pengasuhan di PAPM adalah menjadikan para santri menjadi generasi yang mandiri dan berkarakter. Salah satu misi utamanya adalah menyediakan pengajar TPA/TKA/TQA di Kecamatan Moyudan yang berjumlah 33 unit. Berdasarkan data Guru Agama SMPN 1 Moyudan yang merupakan sekolah negeri favorit di Kecamatan Moyudan, dari siswa-siswa lulusan SD yang masuk SMP kelas 1, sekitar 30-40% yang harus belajar mengaji mulai dari Iqra’ alias mereka belum bisa membaca Al-Qur’an. Hal ini salah satu faktornya adalah kondisi TPA di Kecamatan Moyudan yang kurang maksimal menggerakkan dan mendidik anak-anak di kampung-kampung untuk belajar membaca Al-Qur’an. Diantara faktornya adalah ketiadaan atau kekurangan tenaga pengajar TPA/TKA/TQA yang bisa istiqamah mendampingi anak-anak belajar.

Hal ini lah yang menjadi fokus PAPM Ashabul Kahfi. PAPM Ashabul Kahfi ingin menyediakan tenaga pengajar TPA yang professional dan tersertifikasi bagi seluruh TPA di Moyudan yang membutuhkan. Pengajar itu adalah santri-santri PAPM Ashabul Kahfi yang dipastikan kemampuan mengajinya sudah bagus karena sudah tersertifikasi di Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) AMM Kotagede Yogyakarta. Sejauh ini sudah ada 6 santri yang tersertifikasi.

LKSA

Panti asuhan atau lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) menurut Depsos RI (2004: 4), yaitu suatu lembaga usaha kesejahteraan sosial anak yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial pada anak terlantar dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak terlantar, memberikan pelayanan pengganti orang tua/wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sosial kepada anak asuh sehingga memperoleh kesempatan yang luas, tepat dan memadai bagi pengembangan kepribadianya sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita-cita bangsa dan sebagai insan yang akan turut serta aktif dalam bidang pembangunan nasional.

Pesantren

Pesantren adalah lembaga pendidikan yang mempunyai kekhasan tersendiri dan berbeda dengan lembaga pendidikan lainnya. Pendidikan di pesantren meliputi pendidikan Islam, dakwah, pengembangan kemasyarakatan dan pendidikan lainnya yang sejenis. Yang mana dalam pesantren para santrinya disiapka untuk dapat berbaur dalam pergaulan di masyarakat dengan adab yang sesuai dengan moralitas dalam agama Islam. Pesantren yang dikembangkan di Ashabul Kahfi tidak hanya untuk para santri yang tinggal di asrama saja, akan tetapi juga pesantren yang diperuntukkan untuk masyarakat Moyudan dan sekitarnya.

791

Donatur Terdaftar

Rp 770 jt

Donasi Terkumpul

16

Santri Diberdayakan

Pengurus

Berikut adalah orang-orang yang diberikan amanah sebagai pengurus untuk mengelola dan pelaksana tugas di Ashabul Kahfi.

Muhammad Ghufron Mustaqim

Ketua Yayasan

Rini Wijayanti

Sekretaris

Azwar Kholid

Bendahara

Satria Bonang

Pembina Asrama

Alfandi Ilham Safarsyah

Pembina Asrama

Barata Putra Utama

Pengembangan Infrastruktur

Andrian Sidiq Nugroho

Penggalangan Dana

Thobi’in Ma’ruf

Pengembangan Unit Usaha

Baharuddin Rohim

Hubungan Kemasyarakatan

Aziz Nuzula Hafid

Pendampingan Legal
×

Hallo Sobat Askafi!

Silahkan klik dibawah untuk chat melalui Whatsapp atau ajukan pertanyaan melalui Email di lazismuaskafi@gmail.com

× Hallo ada yang bisa kami bantu?